Template by:
Free Blog Templates

Sabtu, 19 Mei 2012

13 tips merawat Ponsel layar sentuh (Touchscreen)

Handphone layar sentuh atau touchscreen saat ini sudah banyak dipakai oleh kalangan masyarakat, karena kita tahu setiap tahun, bulan, minggu bahkan hari banyak produsen ponsel pintar (smartphone) mengeluarkan ponsel layar sentuh. Kebanyakan handset android yang beredar di pasaran menggunakan teknologi layar sentuh. Tidak hanya handphone saja, sekarang ada berbagai macam alat elektronika yang menggunakan layar sentuh seperti tablet.


13 Tips Merawat Ponsel Layar Sentuh (Touchscreen)

Dalam penggunaan handphone layar sentuh atau touchscreen kendalanya ada pada layarnya, karena layar handphone layar sentuh atau touchscreen itu menggunakan LCD. Sehingga jika kita melakukan kesalahan dalam menggunakan LCD tersebut akan mengakibatkan LCD itu cepat rusak. Maka dari itu kita harus mengetahui dan merawat LCD itu agar tetap awet dan terjaga. Beberapa tips di bawah bisa berlaku untuk perangkat layar sentuh berbasis Sistem Operasi lain misalnya Windows Phone, Android, iOS dan BlackBerry. Berikut di bawah ini merupakan tips atau cara untuk merawat handphone (smartphone/tablet) layar sentuh :
  1. Gunakanlah screen protector atau plastik antik gores pada layar handphone.
  2. Jauhkanlah handphone dari benda-benda yang mengandung medan magnet seperti radio, televisi, dan benda-benda lain yang mengandung magnet.
  3. Usahakan layar LCD tidak dalam keadaan kotor, dan jika layar itu kotor bersihkanlah dengan menggunakan tissue atau kain yang halus.
  4. Gunakanlah jari telunjuk untuk menggunakan layar, jangan menggunakan kuku untuk mengusap layar ketika sedang menggunaka karena akan mengakibatkan layar tergores.
  5. Hindarkan terkena sinar matahari secara langsung, karena akan merusak kualitas LCD tersebut.
  6. Jangan menekan layar terlalu kencang, tekan layar sewajarnya saja.
  7. Hindarkan dari tempat yang sempit dan menekan seperti saku celana jeans, karena akan cepat merusak layar LCD jika terlalu sering menerima tekanan.
  8. Tentang Medan Magnet. Dipastikan bahwa medan magnet ini bisa merusak sistem kinerja layar touchscreen yang Anda gunakan. Makanya sebaiknya Anda menjauhkan smartphone kesayangan Anda itu dari benda-benda yang mengandung magnet semisal TV Tabung, speaker, ataupun magnet gelondongan.
  9. Medium Konduktif. Anda perlu tahu bahwa medium konduktif ini bisa mengakibatkan ketidakakuratan fungsi layar touchscreen. Nah, karenanya sebaiknya Anda memperhatikan terlebih dahulu tempat yang akan dijadikan lokasi untuk menyimpan smartphone Anda. Misalnya saja, menghindarkan smartphone Anda dari sentuhan keringat atau minyak yang seyogyanya bisa menjadi medium konduktif atau penghantar listrik tadi.
  10. Suhu yang Tinggi. Suhu yang terlalu tinggi juga ternyata bisa mengganggu tingkat kekakuratan operasi layar touchscreen. Suhu normal yang masih bisa ditolerir ialah antara 0 sampai 50 derajat celcius dengan tingkat kelembaban 5%.
  11. Listrik Statis. Sebaiknya anda harus berhati-hati dengan listrik statis ini karena dikatakan bahwa listrik statis ini bisa menyebabkan kebocoran pada lapisan-lapisan yang ada di layar touchscreen smartphone. Misalnya saja, seperti gesekan-gesekan pada kain ataupun plastik.
  12. Sentuhan. Meskipun sejatinya layar touchscreen pengoperasiannya dengan disentuh namun patut diperhatikan juga cara menyentuh seperti apa yang berpotensi tidak merusak touchscreen Anda itu. Kalau terlalu keras maka bukan tak mungkin akan menyebabkan kerusakan pada layar ponsel Anda. Jadi Anda mesti memerhatikan betul-betul tingkat sentuhan yang bisa ditolerir oleh touchscreen smartphone yang Anda miliki.
  13. Tingkat Tegangan yang Kurang Stabil. Sebaiknya Anda mengisi daya smartphone Anda sebelum kurang dari 20%. Disebutkan bahwa ketika kita menyentuh layar, maka jari yang dipakai menyentuh layar itu akan menyerap listrik halus. Kemudian listrik yang berada di 4 sudut touchscreen tersebut akan ditransmisi ke sebuah titik dimana kita telah menyentuh layarnya, dimana kejadian itu akan menyebabkan layar menjadi terapung dan bahkan sampai mati.
Nah itulah 13 tips atau cara merawat handphone layar sentuh atau touchscreen. Hal yang perlu di ingat, hal apapun dan semahal apapun harganya sangat bergantung pada usaha-usaha kita dalam merawatnya. karena itu, rawatlah dengan baik.

1 komentar:

  1. Bobz The Rev Blogspot: 13 Tips Merawat Ponsel Layar Sentuh (Touchscreen) >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Bobz The Rev Blogspot: 13 Tips Merawat Ponsel Layar Sentuh (Touchscreen) >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Bobz The Rev Blogspot: 13 Tips Merawat Ponsel Layar Sentuh (Touchscreen) >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus